Laman

Senin, 11 Juli 2011

Strawberry on the Cheese Cake


Alhamdulillah, masih diberi kesempatan utk bisa mengerjakan PR LBT#7, meskipun waktunya udah mepet bgt krn baru td malem aku sempat bikin PRnya
yg membuatku lbh senang lg adalah ternyata cheese cake pertamaku berhasil n sukses, wah…..senangnya diriku bisa buat cheese cake, ini semua berkat LBT, krn dr dulu blm berani nyoba bikin cheese cake, takut gagal
makasih banyak buat team LBT n host bln ini, mb Ricke Indriani, moga LBT membawa barokah utk kita semua, amien……

Utk PR kali ini, aku pake resep Cheddar Cheese Cakenya mb Ricke Indriani, mbak Ricke aku ijin pake resepnya ya. Teksturnya yg lembut n moist banget, bikin aku n org rumah jd ketagihan, jd pengen bikin lagi…lagi…dan lagi…ga cukup kalo cm sepotong
yg penasaran n mo coba bikin sendiri di rumah, ni dia aku share resepnya

Bahan A:
130 gr Susu cair
40 gr Butter
125 gr Keju cheddar, parut halus

Bahan B (campur rata dan diayak):
20 gr Terigu protein sedang
15 gr Maizena

Bahan C :
3 Kuning telur
1 sdt Kulit jeruk lemon (aku skip, ga pake)

Bahan D:
3 Putih telur
100 gr Gula Pasir
1 sdm Air jeruk lemon (aku skip, ga pake)

Topping :
Selai halus rasa strawberry
Strawberry

Cara Membuat:
1. Siapkan loyang ukuran 18cm, alasi dg kertas roti n oles tipis margarine. Kalo pake loyang tanpa sambung, tutup bagian bawah loyang dg alufoil agar air tdk merembes ke dlm loyang wkt di oven dg cara au bain marie. Krn kemaren baru pertama kali bikin n takut gagal, 1 resep adonan, ak jadikan 2 loyang uk diameter 14 cm dan 20x8x7cm, tp syg hasilnya terlalu tipis
2. Tim bahan A, hingga keju larut dan tercampur rata (kalo masih ada gerindilan kecil-kecil gpp), cukup sampai panas, tdk perlu sampai mendidih.
3. Masukkan bahan B ke campuran keju yg sdh hangat, aduk rata dg whisker hingga tepung tercampur rata dan tidak bergerindil.
4. Tambahkan bahan C, aduk rata. Jaga agar adonan tetap hangat (rendam dlm air hangat)
5. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit, tambahkan air jeruk lemon, kocok terus sampai soft peak.
6. Ambil sebagian adonan putih telur, campur ke adonan keju dan aduk rata. Tuang adonan ke sisa putih telur, aduk balik hingga homogen.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dg cara au bain marie (loyang yg berisi adonan, di rendam dlm loyang yg berisi air sebanyak1/3 dari loyang adonan).
8. Panggang adonan dg suhu 1600C hingga matang dan bagian permukaan cake berwarna kuning keemasan. Lama memanggang tergantung oven masing2 ya, aku kemaren manggang selama 1 jam 50 menit,45 menit pertama aku pake api sedang dan selanjutnya aku pake api kecil sampai matang.
9. Setelah cheese cake matang (lakukan test tusuk n sentuh hingga donan membal), biarkan tetap di dalam oven sampai agak dingin.
10. Keluarkan cheese cake dari dalam oven dan biarkan ttp di dalam loyang hingga dingin. Keluarkan cheese cake dari loyang dg perlahan n hias dg topping sesuai selera.

Selamat Mencoba n HaPpY BaKiNg ^_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...