Laman

Sabtu, 11 Februari 2012

English Muffin Telo Ungu


Alhamdulillah masih di beri kesempatan untuk bisa mengikuti LBT#13, meskipun kondisiku masih dalam masa pemulihan habis sakit. Makasih banyak buat mb Dida Rachmadiah yang udah sms aku n kasih tau tema PR bulan ini. Awalnya sempat bingung juga waktu tau temanya English Muffin, secara aku baru pertama kali dengar namanya n belum pernah makan. Setelah tanya mbah google, akhirnya kecantol sama resep English Muffin yang ada di blognya mbak Arfi Binsted http://www.homemadesbyarfi.com/2010/02/english-muffins.html. Mbak Arfi, mohon ijin share resepnya ya;). Buat bunda Ricke, makasih banyak udah kasih tema yang sama sekali baru buat aku, jadi bisa belajar ilmu baru lagi neh;)

Dari resep English Muffinnya mbak Arfi, aku coba modifikasi pake campuran telo ungu (ubi ungu), dan ternyata hasilnya lumayan enak, orang rumah juga pada doyan,hehehehe…… yang mo coba bikin English Muffin Telo Ungu, ni aku share resepnya ya:

English Muffin Telo Ungu
By Ratih Rozana

Bahan:
2 sdt ragi butiran
1/2 sdt gula
250ml air hangat
125ml susu hangat
150g telo ungu (ubi jalar ungu), kukus dan haluskan
200g tepung terigu protein tinggi
200g tepung terigu protein sedang
1 sdt garam
tepung maizena

Cara Membuat:
1. Campur ragi dan gula dalam baskom dengan sebagian air hangat. Aduk dan biarkan hingga beberapa menit, lalu tambahkan sisa air hangat dan susu, sisihkan.
2. Masukkan tepung, garam dan telo ungu dalam baskom, tambahkan campuran ragi, air dan susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata dan kalis.
3. Tutup baskom dengan serbet lembab hingga adonan mengembang menjadi 2x lipat (kurleb 1 jam)
4. Kempiskan adonan dan bagi sesuai selera, lalu gulingkan di atas tepung maizena dan di pipihkan.
5. Diamkan adonan selama 20 menit hingga mengambang, jangan lupa di tutupi dg plastik atau serbet lembab.
6. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Panggang adonan hingga seluruh permukaan berwarna kecoklatan dan matang.
7. Beri topping sesuai selera dan English Muffin siap untuk dinikmati ^_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...