Laman

Rabu, 11 Mei 2011

Lidah Kucing Cokelat


Salah satu cookies favoritku tiap kali lebaran. Biasanya hanya bikin lidah kucing vanilla, tp yg ini di bikin beda dg penambahan cokelat bubuk pd adonan, maka jadilah lidah kucing cokelat. Teksturnya yg renyah, manis n gurih membuat cookies yg satu ini banyak penggemarnya n paling cepat habis tiap kali di suguhkan di meja tamu pada saat lebaran. Berbeda dg resep lidah kucing pd umumnya yg menggunakan putih telur dlm proses pembuatannya, lidah kucing cokelat made by rarose kitchen menggunakan kuning telur sehingga hasilnya lbh renyah n gurih. Resepnya aku dapat dari ‘mbak Din’ setahun yg lalu pd saat Ramadhan, katanya resep asli dari Tabloid Koki n sdh dimodifikasi oleh mbakku shg jadi Lidah Kucing Cokelat. Cookies ini salah satu produk jualannya mbakku di Banyuwangi yg laris manis banyak peminatnya. Berawal dari iseng-iseng, aku pertama kali coba bikin n aku bawa ke kantor utk di bagi-bagikan ke tmn kerjaku. Eh, ternyata mereka pada suka n minta di bikinin, saat itu aku bingung karena aku ga niat jualan, aku hanya kasih utk mereka incip2, tp teman2ku pada memaksa n meyuruhku utk jualan cookies ini. Akhirnya diriku berjualan Lidah Kucing Cokelat pd Ramadhan tahun lalu n Alhamdulillah dpt orderan 6 kg, lumayanlah utk tambahan THR lebaran,hehehhehe…….

Yang mo coba bikin sendiri di rumah, ni aku share resepnya ya;

Bahan:
150 gr gula halus
2 butir kuning telur
250 gr mentega or margarin
225 gr terigu protein sedang (segitiga biru)
30 gr maizena
1 sdm cokelat bubuk
¼ sdt baking powder

Cara Membuat:
1. Siapkan loyang lidah kucing, oles tipis dg margarin. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, maizena, cokelat bubuk dan baking powder. Sisihkan.
3. Gula halus, kuning telur dan mentega or margarin di kocok hingga gula larut dan tercampur rata.
4. Masukkan campuran terigu, aduk rata dengan spatula hingga tercampur rata.
5. Ambil sebagian adonan, masukkan dlm piping bag, gunting sedikit ujungnya, semprotkan adonan pd loyang lidah kucing.
6. Masukkan dalam oven, panggang hingga matang selama + 25 – 30 menit sampai matang.
7. Keluarkan loyang dari oven, biarkan sampai agak dingin dan adonan mengeras. Lepaskan dari loyang dan simpan dalam toples or wadah kedap udara.

Yang tertarik n penasaran pengen coba tp malas n ga mau ribet, order aja ke rarose kitchen. Produk buatan kami selalu fresh from the oven, karena kami membuat hanya made by order, di tunggu orderannya ya ^_*

2 komentar:

  1. Enakk.. Sudah coba. Hehehe. :)
    Akhirnya bisa juga bikin lidah kucing yang mau melebar.
    *terharu
    Tapi punyaku aku kasih keju parut. Hehe. Thanks ya resepnya. Aku share di blog juga.
    :)
    Salam.

    BalasHapus
  2. iya sama-sama, semoga bermanfaat yaa

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...